Thursday, August 18, 2011

Agus Marto: Akan Ada Moratorium Penerimaan PNS Tahun Depan

Jakarta - Pemerintah akan melakukan moratorium atau penghentian sementara penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) tahun depan. Moratorium penerimaan PNS ini akan dilakukan secara selektif.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan kenaikan anggaran belanja pegawai pada tahun depan disebabkan tetap adanya program remunerasi bagi PNS tahun depan.

"Belanja pegawai cukup tinggi dan itu sesuatu yang tidak bisa dihindari karena kita pun sedang menyelenggarakan program reformasi birokrasi dan reformasi birokrasi itu masih berjalan di tahun 2011-2012," ujarnya saat ditemui di kantornya, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Kamis (18/8/2011).

Namun, meskipun demikian, Agus Marto menyatakan pemerintah juga akan menerapkan kebijakan moratorium selektif. Maksudnya, hanya beberapa kementerian/lembaga yang tidak melakukan penerimaan PNS pada tahun mendatang. Namun Agus masih merahasiakan kementerian/lembaga yang dimaksud.

"Kita juga ada kebijakan akan moratorium tambahan Pegawai Negeri Sipil yang kita sebut moratorium selektif. Jadi, ada bagian-bagian kementerian tertentu yang tidak bisa dihindari harus ada menerima sesuai dengan kebutuhan employee cycle-nya begitu, yaitu ada yang pensiun dan selesai tugas mesti diganti posisinya. Jadi, itu terkait belanja pegawai," ujarnya.

Agus Marto mengaku belum bisa menyebutkan kementerian apa saja yang melakukan moratorium. Pasalnya, kebijakan tersebut merupakan kewenangan dari Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB).

"Oh saya belum bisa jelaskan, tapi ada semua kita jelaskan di Menteri PAN RB," tandasnya. (detik.com)

No comments:

Post a Comment